Minggu, 24 Maret 2024

Rekoleksi Pra-Paskah 2024

REKOLEKSI  PRA-PASKAH 
(LET'S MAKE THE EARTH GREAT AGAIN) 

Kegiatan rekoleksi yang diadakan di tanggal 21 Maret 2024 ini mengambil tema untuk alam yaitu "Let's make the earth great again" . 

Tema yang di ambil ini memiliki tujuan untuk mengajak para peserta didik kembali lebih mempedulikan keadaan alam sekitar kita. penumpukan sampah yang semakin meningkat di lingkungan kita dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi lingkungan maupun kesehatan para masyarakat. Sebagai bentuk tanda bersyukur kepada Tuhan yang telah ,menciptakan alam ini, tentunya kitapun harus bisa menjaga alam ini tetap indah seperti semula . 

Pada hari sebelumnya, para siswa/i diarahkan untuk membawa sampah makanan/minuman bekas yang sudah dibersihkan, koran bekas, gunting, dan lem, juga dibagi kan kelompok rekoleksi. Di keesokan harinya, para siswa/i tetap datang ke sekolah pukul 06.40 (maksimal) dan langsung diarahkan untuk meletakkan barang bawaan kedalam kelas rekoleksi yang sudah dibagi . Setelah para siswa/i meletakkan tas nya didalam kelas, siswa/i memulai kegiatan rekoleksi di lapangan bersama-sama dan didampingi oleh Frater Bima dan Frater Ardi . Kegiatan rekoleksi diawali dengan icebreaking terlebih dahulu, seluruh siswa/i bersama sama menyanyi dan memuji Tuhan . 

Setelah mengikuti icebreaking yang dipimpin frater Bima, siswa/i mendengarkan materi pra-paskah yang dijelaskan oleh frater Ardi. Materi yang djelaskan bertema kan "7 Dosa Manusia". 7dosa yang dimiliki oleh manusia yaitu :                Kesombongan, ketamakan, iri hati, amarah, nafsu, kerakusan, malas, dan kebohongan . Materi yang dijelaskan ini memiliki tujuan untuk mengingatkan para siswa menyadari akan dosa asal yang dimiliki dan berusaha untuk menghindarinya. Kegiatan rekoleksi yang diadakan ini memiliki tujuan untuk mengajak segenap umat Tuhan menumbuhkan rasa ingin berubah ke arah yang lebih baik dan melatih hidup rohani . 

Setelah selesai mengikuti kegiatan di lapangan, siswa/i diarahkan untuk kembali ke kelas binar masing masing. Setelah masuk kedalam kelas masing masing, siswa/i didampingi oleh 2 pemina setiap kelasnya. Materi yang disampaikan (pada kelas non-binar) yaitu tentang kebersihan lingkungan dan materi yang disampaikan (pada kelas binar) yaitu tentang Tri Hari Suci. Siswa/i juga mengikuti kegiatan membuat kolase bersama sama dengan kelompok yang sudah dibagikan .  Siswa/i pulang ke rumah masing masing pukul 12.00 . 





 


0 komentar:

Posting Komentar