Minggu, 12 November 2023

Insecurity

                                          INSECURITY 



- Istilah "insecure" cukup sering kita dengar dalam perbincangan sehari-hari. Namun, masih ada sebagian dari kita yang belum memahami apa itu insecure dan bagaimana cara mengatasinya. Insecure bisa terjadi pada banyak situasi di kehidupan kita, baik kehidupan sehari-hari, pekerjaan, hingga hubungan asmara. Beberapa orang juga merasa insecure tentang citra dirinya, misalnya terhadap bentuk tubuh mereka yang dianggap tidak ideal



APA ITU INSECURE?

 Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik yang sering kali membuat kita berada pada situasi ketidakpastian. Menurut WebMD, perasaan insecure membuat seseorang mengalami kecemasan tentang tujuan-tujuan dalam hidup, hubungan, hingga kemampuan untuk mengatasi situasi tertentu. Setiap orang pernah memiliki perasaan insecure dari waktu ke waktu dan penyebab insecure bisa bermacam-macam. Penyebab insecure bisa datang dari kejadian yang menimbulkan trauma, pengalaman masa lalu, kondisi sosial (dari mengobservasi orang lain), hingga lingkungan sekitar, seperti sekolah, pekerjaan, hingga rumah. Perasaan insecure juga bisa berasal dari ketidakstabilan secara umum. Orang yang mengalami gangguan tak terduga dalam kehidupan sehari-hari lebih cenderung merasa insecure tentang sumber daya dan rutinitasnya. Perasaan insecure tidak memiliki penyebab eksternal yang pasti. Ini bisa muncul sebagai kekhasan pribadi atau kimia otak.



 4 TANDA - TANDA INSECURE ! 

1. rasa percaya diri yang rendah 

merupakan suatu ciri atau tanda munculnya rasa insecure pada diri seseorang. Kepercayaan diri yang rendah dapat diakibatkan karena suatu ejekan dari orang lain, baik secara sengaja maupun tidak. Rasa insecure pun juga dapat terjadi karena rasa iri diri sendiri kepada kelebihan / hal yang dimiliki orang lain, namun kita tidak. 

2. sikap perfeksionis 

Sikap seseorang dimana Ia merasa belum puas atas segala yang Ia miliki dan lakukan (hobi, harta, kemampuan) . Seseorang ini memliki sikap yang tidak pernah puas dan lebih parahnya selalu membandingkan dirinya dengan apa yang dimiliki atau dikuasai oleh orang lain disekitarnya. 


3. isolasi sosial 

Perasaan seseorang yang merasa "insecure" dengan kondisi pada lingkungan sekitarnya, menyebabkan seseorang menghindarkan dirinya sendiri dari lingkungan sosial dan tidak mau berinterakasi secara kangsung karena kurang nyaman / tidak suka. 
Orang yang memiiki sikap tersebuit, lebih suka dengan hal hal yang berbau online / virtual / daring. Mereka akan lebih mahir dengan hal hal online . 


4. mudah cemas dan menghindar 

Seseorang yang lebih mudah cemas dalam hubungan tersebut memiliki ketergantungan emosional (bergantung pada orang lain untuk kesejahteraan diri), takut sendiri, dan kerap berfantasi tentang hubungan sempurna yang tak akan pernah bisa dicapai. Sementara pola menghindar juga bagian dari perasaan insecure, namun arahnya berbeda dengan kecemasan. Orang-orang dengan pola ini cenderung menjaga hubungan mereka dengan orang lain tetap dangkal dan enggan membina relasi intim.






0 komentar:

Posting Komentar